Workshop Penulisan Jurnal Internasional

Wednesday, 03/02/2021 Berita Fakultas 0 comments

Di era modern seperti sekarang ini di mana persaingan antar perguruan tinggi sudah berlevel global, internasionalisasi perguruan tinggi sangatlah penting sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi. Peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah diharapkan dapat menjadi pijakan bagi sebuah universitas untuk lebih berkembang dan bersaing di level global. Bagaimanapun juga, peranan perguruan tinggi dalam membangun suatu peradaban tidak hanya berasal dari kontribusi mutu lulusannya  tapi juga dari hasil penelitiannya yang relevan terhadap perkembangan dunia. Hasil penelitian atau artikel ilmiah perlu disebarluaskan kepada masyarakat termasuk kepada pelaku industri yang langsung dapat memanfaatkannya. 

Dalam perkembangannya, penulisan artikel ilmiah di Indonesia masih mengalami kendala yakni kemauan dan kemampuan masyarakat Indonesia yang dirasakan belum optimal. Kemauan para peneliti untuk mempublikasikan artikel ilmiahnya harus terus dipacu. Hasil penelitian para akademisi Indonesia yang dipublikasikan di jurnal internasional dinilai masih sangat kecil.

Fakultas Ekonomi, Hukum dan Humaniora Universitas Ngudi Waluyo melihat kondisi tersebut, berkepentingan untuk memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas karya ilmiah sekaligus memacu para peneliti dan penulis untuk mempublikasikan hasil karyanya di level internasional. Salah satu kontribusinya adalah menyelenggarakan Workshop yang bertema "Strategi Menembus Jurnal Internasional Terindex" dengan tujuan memberikan informasi langkah awal yang harus dilakukan dalam menulis artikel jurnal internasional sekaligus memberikan kiat dan pedoman dalam tata cara penulisan artikel jurnal internasional. 

Dalam sambutannya pada kegiatan workshop yang diselenggarakan pada hari Rabu (03/02/2021) di Gedung E 1.1 ini, Rektor UNW Prof., Dr. Subyantoro, M.Hum. mengatakan bahwa kegiatan penulisan artikel ilmiah ini harus dijadikan sebagai kegiatan utama untuk meningkatkan mutu tidak hanya di level nasional tetapi juga di level internasional. "Publikasi artikel ilmiah dalam jurnal internasional adalah bagian penting pada kampus kita, untuk lebih menginternasional tidak hanya mengandalkan dari capaian hasil akreditasi, tetapi juga dari publikasi artikel ilmiah di jurnal internasional." pungkasnya.       

   

Comments ( 0 )
Post Comment

TIM IT © Fakultas Ekonomi, Hukum dan Humaniora 2020